Selasa, 14 Mei 2013

Bagaimana Cara Menghemat Kuota Data Internet di Smartphone Android?

Sekarang ini hampir semua orang memiliki sebuah smartphone, terutama smartphone android, dan ketika sobat mempunyai smartphone android pasti sering di gunakan untuk akses internet, karena jika sebuah smartphone tidak di pakai untuk akses internet rasannya kurang pas dan hampa, biasanya para pengguna smartphone android menggunakan akses internet dari bermain facebook, twitter, bbm, chatting, streaming, browsing, bermain game online dan yang lainnya.

Berselancar di internet memang sangatlah menyenangkan, internet memang tidak bisa di pisahkan dengan kegiatan kita dengan semua jenis smartphone terutama smartphone android, saat sobat berselancar di internet tidak jarang yang sampai lupa waktu, terkadang kita berhenti saat kuota internet kita mendadak habis, tidak bisa di pungkiri bahwa saat kita kehabisan kuota data internet segala aktifitas di dunia maya akan berhenti, dan membuat kita jadi kurang nyaman karena di takutka ada pesan penting dari email atau yang lainnya.

Kuota data internet yang di tawarkan oleh operator di indonesia sangatlah beragam, bukan hanya paket datanya tetapi juga harga dan kecepatan yang di tawarkan, tidak sedikit orang yang mengeluarkan uang lebih untuk mendapatkan paket data internet yang sesuai dengan keinginan masing-masing, akan tetapi smartphone android memang membutuhkan akses internet yang lumayan menguras kuota data internet, jika sobat sering mengalami kuota data internet sobat cepat habis, sekarang sobat jangan khawatir karena saya kali ini akan memberikan tips bagaimana cara menghemat kuota data internet dan mengetahui penyebabnya,  cara yang saya berikan kali ini juga bisa di terapkan di smartphone lainnya.

Lalu bagaimana cara menghemat kuota data internet di android?
1. Matikan fitur Auto Update atau pembaruan aplikasi otomatis
Fitur Auto Update yang aktif akan menjadi penyebab utama borosnya penggunaan kuota internet di perangkat smartphone Android sobat. Hal tersebut karena biasanya pengguna akan memasang berbagai aplikasi tambahan di smartphone android. Aplikasi tambahan inilah yang berpotensi melakukan update otomatis dengan cara mendownload file perbaikan atau penambahan fitur dan sebagainya yang tentu akan memakan kuota internet yang lumayan besar.

2. Matikan fitur auto sync di setting account smartphone android
Fitur auto sync akan berjalan terus menerus dan akan memakan kuota internet sobat secara berkalah dan hal ini dan membuat kouta data internet sobat jadi lebih cepat habis.

3. Gunakan browser tambahan yang memungkinkan browsing lebih hemat kuota
Di beberapa browser dari pihak ketiga seperti opera mobile memilki fitur yang dapat mempercepat akses inernet dengan mengurangi data internet yang di gunakan dengan cara mengajtifken fitur opera turbo pada opera mobile di smartphone android sobat.

4. Kurangi kualitas gambar pada browser yang sobat gunakan
Tahukah sobat bahwa hanya dengan mengutrangi kualitas gambar di browser seperti pada opera mini akan membuat kuota data intrnet sobat jadi lebih hemat, karena kualitas gambar yang rendah akan mengurangi data yang di gunakan, sobat bisa mengatur kuliatas gambar di bagian setting lalu image kemudian pilih low.

5. Jangan mengaktifkan data inernet secara terus menerus
Koneksi data inernet yang terus-terusan aktif pastinya kuota internet juga cepat habis. Kalau sobat sedang mengisi ulang baterai, pastikan matikan dulu koneksi internetnya. Atau jika sobat sedang tidur, matikan saja koneksi internetnya. Tidak usah buru-buru balas semua pesan yang masuk. orang paling sibuk pun pasti membutuhkan tidur, dengan begitu kuta data internet sobat jadi lumayan hemat dari sebelumnya.

6. Kurangi bermain-main di dunia maya
Jika sobat ingin pemakaian kuota internet yang lebih hemat, sudah hal yang pasti jika aktifitas online di internet pun harus mulai sobat kurangi atau batasi sesuai kebutuhan yang memang penting saja.

7. Menggunakan jaringan hotspot atau wifi gratis bila tersedia
Sekarang ini banyak sekali tempat-tempat umum seperti cafe maupun restoran yang menyediakan fasilitas Hotspot area / wifi yang di sediakan secara gratis. Nah, hal tersebut bisa jadi keuntungan bagi sobat untuk menghemat penggunaan kuota paket internet yang ada di smartphone Android sobat.

8. Atur tampilan aplikasi yang membutuhkan koneksi internet agar lebih hemat kuota
Saat sobat melakukan browsing pasti ada beberapa situs memang membutuhkan bandwith sangat besar untuk mengakses karena memang situs tersebut memang menampilkan halaman yang memiliki ukuran sangat besar, misalnya menghadirkan video, streaming video, gambar animasi, atau iklan pop-up. jadi jika Anda hanya ingin membuka sebuah laman internet yang isinya cuma baca berita, tanpa ada gambar, sesuaikan saja setelan menjadi only text. kuota internet sobat tentu sangat mubazir kalau sobat sendiri hanya membutuhkan informasi berupa teks tetapi pada hal lainnya seperti gambar juga memakan kuota data internet.

Penutup
Demikianlah bagaimana cara menghemat kuota data internet di android dan apa penyebabnya, tips menghemat kuota data internet di android, cara menghemat kuota data internet di hp, apa penyebab kuta internet cepat habis?, solusi kuota internet yang cepat habis, tips agar tidak boros kuota internet, tips menghemat pemakaian kuota internet,cara menghemat kuota data internet di iphone, cara menghemat kuota data internet di symbian, cara menghemat kuota data internet di modem, cara menghemat kuota data internet di windows phone dan mudah-mudahan apa yang saya tulis bisa membatu sobat dalam menghemat kuota data internet di smartphone.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar