Sabtu, 05 April 2014

7 Cara Mengobati Batuk Kering Dan Berdahak Secara Alami

Cara mengobati batuk – Batuk merupakan salah satu penyakit saluran pernafasan yang sering diderita manusia. Batuk yang berkepanjangan akan membuat penderita tersiksa karena terus – menerus batuk terutama ketika terkena batuk kering biasanya rasa gatal ditenggorokan tidak dapat hilang.

BIla batuk kering tidak segera sembuh maka terjadi batuk berdahak karena virus di dalam tubuh telah berperang melawan sistem imun kita. Dahak yang keluar sebenarnya adalah sistem imun yang mati akibat berperang tersebut

Ciri – ciri batuk berdahak adalah timbulnya dahak berwarna putih ketika batuk. Sedangkan batuk kering adalah kondisi batuk dimana bagian tenggorokan terasa sangat gatal seperti ingin digaruk. Nah pada artikel keli ini kita akan membahas lebih jauh mengenai cara mengobati batuk berdahak dan batuk kering secara alami.


Cara mengobati batuk kering dan berdahak

1. Perbanyak Istirahat
Batuk merupakan penyakit yang ditimbulkan akibat virus sehingga ia kebal terhadap antibiotik. Pengobatan yang paling ampuh yaitu dilakukan dari dalam tubuh melalui sistem imun kita. Perbanyaklah istirahat agar energi tubuh difokuskan untuk melawan virus batuk.

2. Perbanyak minum air putih
Air putih berperan dalam melancarakan sistem metabolisme tubuh anda. Oleh karena itu agar segala proses penting tubuh anda termasuk memperkuat sistem imun berjalan lancar maka cukupkan air putih 8 gelas selama sakit.

3. Perbanyak mengonsumsi air hangat
Batuk berdahak akan lebih encer bila anda rutin mengonsumsi air hangat pagi maupun malam hari. Lihat perbedaannya ketika anda telah rutin minum air hangat.

4. Menggunakan jeruk nipis
Jeruk nipis merupakan obat tradisional untuk mengatasi batuk kering. Rasa gatal di tenggorokan dapat teratasi dengan mengonsumsi perasan jeruk nipis yang dicampur dengan kecap atau gula, Minumlah ramuan ini pagi dan sore hari.

5. Menggunakan sari jahe
Beberapa produsen obat batuk telah menggunakan sari jahe sebagai bahan dasar obatnya. Jahe cukup ampuh mengatasi batuk kering dan berdahak, anda dapat meminum perasan jahe menggunakan gula atau anda dapat meminumnya dengan dibuat sarabba

6. Menggunakan belimbing wuluh
Belimbing wuluh memiliki rasa yang sagnat asam seperti jeruk nipis. Demikian pula khasiatnya sama  - sama dapat mengatasi batuk kering. Ambillah beberapa buah belimbing wuluh lalu peras dan campurkan dengan sedikit garam. Minum ramuan ini pagi dan sore hari hingga batuk hilang.

7. Menggunakan serai
Serai sering dijadikan sebagai bumbu pengharum dalam masakan ibu kita. Selain sebagai bumbu dapur ternyata serai dapat bermanfaat untuk anti radang sehingga dapat menyembuhkan penyakit batuk berdahak. Ambillah beberapa potong serai lalu masak dengan air hingga mendidih. Minumlah airnya ketika telah dingin secara rutin sekali sehari.

Itulah 7 cara mengobati batuk kerin dan berdahak. Batuk akan cepat hilang bila sistem imun anda kuat. oleh karena itu selalu menjaga kekuatan sistem imun adalah kunci tubuh sehat. Dan baca juga Pengobatan Yang Alami Lainnya. selamat mencoba.