Senin, 04 November 2013

4 Cara Mengelola Keuangan Pribadi Bagi Mahasiswa

Perguruan tinggi identik dengan mahasiswa muda yang mempunya tanggung jawab yang lebih besar untuk mengelola uang mereka sendiri. Jauh dari orang tua membuat para mahasiswa harus handal dalam mengelola keuangan.

Berikut tips mudah dalam mengelola keuangan untuk mahasiswa yang dapat membantu membentuk fondasi yang kuat dalam pengelolaan keuangan.

1 . Buat anggaran. 
Membuat anggaran sangat penting. Daftar sumber pendapatan bulanan, termasuk tabungan, tunjangan dari orang tua, dan kemudian menulis perkiraan biaya yang dikeluarkan pada bulan tersebut. Hal ini tidak mudah untuk mengidentifikasi biaya hidup di awal, tetapi para mahasiswa harus mencoba. Catat biaya seperti perlengkapan kampus, makan dan minum, barang-barang perawatan pribadi, laundry, dan biaya kost. Kemudian, cobalah mengelola biaya anggaran menggunakan alat manajemen keuangan pribadi online, atau dengan membuat daftar neraca anggaran sederhana di excel.

2 . Pisahkan antara keinginan dan kebutuhan. 
Berapa banyak yang harus Anda anggarkan untuk makan di restoran mall? Berapa biaya akan laundry? Berapa biaya kost? Berapa biaya untuk nonton bioskop? Berapa biaya untuk makan minum sehari hari? Setelah mengidentifikasikan biaya-biaya tersebut, menjadi lebih mudah untuk membedakan keinginan dan kebutuhan. Utamakan rencana anggaran belanja untuk hal-hal yang sifatnya kebutuhan.

3 . Mengatur rekening tabungan. 
Bank biasanya melayani mahasiswa dengan menawarkan tabungan khusus, yang memungkinkan mahasiswa untuk melakukan penarikan uang di semua ATM secara gratis. Dengan banyaknya ATM yang tersedia disekitar kampus membuat mahasiswa dapat mudah mengambil uang, telitilah sebelum ambil uang , ambillah uang dengan jumlah sesuai kebutuhan saja. Dan perlu diingat, bahwa ketika mendapat kiriman uang dari orang tua, mahasiswa diharapkan agar lebih bijaksana dalam menggunakan uang kiriman tersebut.

4 . Cerdas dalam membeli buku kuliah. 
Buku kuliah merupakan salah satu biaya terbesar perguruan tinggi. Melewati toko buku pada awal setiap semester adalah cara mudah bagi mahasiswa untuk menghemat uang. Banyak toko buku yang menawarkan diskon diwaktu awal semester. Berinvestasi dalam Kindle atau iPad dan download buku-buku secara online juga dapat dijadikan pilihan untuk menghemat uang kuliah. Atau mencari buku di toko buku bekas.

Intinya : perguruan tinggi bisa mahal , tetapi belajar dasar-dasar manajemen uang, sehingga para mahasiswa dapat lulus tanpa meninggalkan hutang.Melakukan pengelolaan keuangan pribadi secara cerdas dapat membuat mahasiswa cerdas dalam hal intelektual ekenomi.