Senin, 10 Februari 2014

Cara Menambah Tinggi Badan Dengan Cepat Dan Alami

Cara menambah tinggi badan  - Tinggi badan adalah bentuk akumulasi gizi yang terjadi selama seseorang hidup. Tinggi badan kita hari ini menggambarkan bagaimana asupan gizi yang masuk di dalam diri kita dari kecil hingga sekarang. Setiap orang ingin menginginkan tinggi badan yang ideal karena faktor tinggi badan juga akan mempengaruhi dalam hal karir maupun kehidupan sehari – hari.

Salah satu contoh dalam mencari pekerjaan beberapa perusahaan besar mensyaratkan memiliki tinggi badan yang ideal atau diatas rata – rata. Namun tinggi badan  bukanlah perkara yang mudah untuk ditingkatkan, berbeda halnya dengan berat badan yang dapat naik hanya dalam waktu 1 bulan saja.

Oleh karena itu sebaiknya sejak dini kita dapatkan tinggi badan ideal karena pada usia tertentu tinggi badan tidak akan bertambah lagi kecuali melakukan cara – cara khusus.

Cara menambah tinggi badan

1. Cara menambah tinggi badan dari luar
Perlakuan dari luar tubuh kita secara rutin dapat mempengaruhi tinggi badan kita. Berikut ini adalah hal – hal yang dapat membantu dalam menaikkan tinggi badan kita.

  • a. Berenang - Berenang merupakan aktivitas yang menyenangkan, selain itu sangat bermanfaat bila kita akan menolong orang yang akan tenggelam di perairan. Orang yang rutin berenang akan memiliki tubuh yang fleksibel dan juga dapat menambah tinggi badan. Perhatikanlah anak – anak yang suka berenang di waktu kecilnya akan memiliki tinggi diatas rata – rata ketika dewasa.
  • b. Bermain basktet dan volly - Sering kita lihat para pemain basket biasanya memiliki tubuh yang tinggi – tinggi. Hal ini salah satunya diakibatkan oleh kebiasaan mereka yang kuat dalam berlari dan melompat sehingga membantu dalam menambah tinggi badan.
  • c. Sering olahraga lari - Lari pagi ataupun di sore hari sukup efektif untuk menjaga kesehatan kita, selain itu juga dapat membuat kebugaran meningkat dan dapat melepaskan hormon pertumbuhan kita. Itulah sebabnya atlit yang kerjanya berlari pasti memiliki tinggi proporsional.
  • d. Rutin Bersepeda - Bersepeda saat ini bukan lagi hanya aktivitas yang dilakukan pada waktu libur tetapi menjadi aktivitas yang dilakukan untuk bepergian ke kantor. Bepergian menggunakan sepeda setiap hari selama 10 hingga 20 menit dapat membantu kita dalam manambah tinggi badan

2. Menambah tinggi badan dari dalam tubuh
Selain kegiatan dari luar tubuh, makanan yang dikonsumsi setiap hari juga berperan dalam meningkatkan tinggi badan kita. Sebab tinggi badan memiliki hubungan yang erat dengan gizi yang kita makan. Nah apa saja jenis makanan yang baik untuk tinggi badan?

  • a. Jenis kalsium - Kalsium merupakan mineral yang sangat diperlukan dalam membuat tulang menjadi kokoh dan lancar pertumbuhannya. Orang yang kekurangan kalsium akan mengalami penghambatan dalam tinggi badan, Kalsium dapat diperoleh dari makanan seperti, telur, pisang, susu, dan lainnya.
  • b. Mencukupi kebutuhan Vitamin D - Vitamin D bekerja untuk menyerap kalsium agar dapat digunakan oleh tubuh dengan lebih baik. Vitamin D berperan dalam proses pembentukan tulang sehingga tulang kita menjadi lebih kuat. Kekurangan vitamin D dapat berakibat pada masalah pertulangan kita. Di tubuh kita setiap harinya terdapat provitamin D yang dapat diubah menjadi Vitamin D jika tubuh terkena sinar matahari. Oleh karena itu rajin – rajinlah dalam membuat sinar matahari mengenai tubuh anda. Vitamin D di dalam makanan dapat diperoleh dari telur, kedelai, ikan, dan sebagainya.
  • c. Mengonsumsi Protein - Protein merupakan zat yang berperan dalam menyusun dan membangun sel – sel tubuh yang mengalami kerusakan. Olah karena itu untuk memaksimalkan pertumbuhan tubuh maka cukupkan kebutuhan protein harian kita. Sumber protein sering didapatkan pada telur, daging, dan sebagainya.
  • d. Vitamin A - Selain Vitamin D, ternyata vitamin A juga berperan dalam proses penyerapan kalsium di dalam tubuh anda. Oleh karena itu jangan remehkan makanan yang mengandung vitamin A seperti Wortel, ikan lau, keju, dan susu

Itulah cara menambah tinggi badan kita. Semoga para pembaca dapat menambah tinggi badannya agar maksimal. Selamat mencoba