Senin, 11 Agustus 2014

5 Tips Agar Otak Menjadi Lebih Pintar Dan Cerdas

Tips agar otak menjadi lebih pintar – Sering kali seorang siswa bertanya kepada temannya yang cerdas. kamu makan apa sehingga menjadi sangat cerdas? jawabnya saya makannya sama kayak kamu yaitu makan nasi dan ikan. Nah mengapa ia menjadi lebih cerdas? cerita ini sering kali kita temukan pada lingkungan kelas dimana ada siswa yang memiliki tingkat kecerdasan tinggi dan ada pula yang tingkat kecerdasannya rendah. Nah bagaimana agar otak menjadi lebih cerdas? berikut kami berikan tipsnya 

1. Sehatkan tubuh
Untuk mendapatkan kecerdasan maksimal tubuh harus sehat dan kuat dahulu, oleh karena itu sebaiknya anak kita harus rutin melakukan olahraga agar tubuhnya senantiasa kuat dan mudah dalam menerima pelajaran.

2. Rutin berlatih.
Latihan yang rutin membuat otak kita mampu untuk bertindak lebih cepat dibandingkan orang yang kurang melakukan latihannya. Oleh karena itu sebaiknya siswa harus lebih sering melatih otaknya berpikir atau mengingat. Banyak cara yang dapat dilakukan seperti menjawab soal – soal atau mengisi teka teki, latih kemampuan otak dengan kasus yang berhubungan dengan pelajaran.

3. Bayangkan dan analogikan
Untuk memudahkan dapat belajar dan mengingat sesuatu maka analogikan pelajaran anda denngan apa yang terjadi pada kehidupan anda. Cobalah hubungkan dengan apa yang terjadi sebenarnya. Contohnya untuk menghafal proses fotosintesis bayangkan rumah adalah daun yang dapur yang bertugas memasak makanan seperti halnya daun.

4. Tidak mengandalkan alat
Terlalu sering mengandalkan alat dapat membuat otak kita menurun kinerjanya. Oleh karena itu sebaiknya anda tidak selalu menggunakan alat. Sebagai contoh dalam menghitung sebaiknya tidak perlu menggunakan kalkulator, cukup cakar di otak anda.

5. Tidur yang cukup
Bila otak anda telah mengalami kelelahan dalam belajar maka tidur adalah langkah yang terbaik. Oleh karena itu sebaiknya anda mendapatkan tidur yang cukup dan membiarkan otak anda beristirahat agar esoknya ia dapat berpikir lebih baik lagi.

Itulah 5 cara agar otak menjadi lebih pintar, bagi orang tua sebaiknya mendidik anak dengan cara seperti itu. Selamat mencoba