Senin, 25 Agustus 2014

6 Cara Merawat Kesehatan Ginjal

Cara merawat ginjalGinjal adalah alat ekskresi manusia yang berperan dalam mengeluarkan sisa metabolisme di dalam tubuh kita. Tanpa ginjal maka tubuh bisa keracunan, begitu pentingya ginjal kita ini sehingga ada yang dapat meninggal hanya karena terjadi masalah pada ginjalnya. Banyak penyakit yang bisa disebabkan oleh ginjal seperti batu ginjal, infeksi ginjal dan lain sebagainya. Pada kesempatan kali ini kita akan berikan bagaimana cara merawat ginjal yang baik dan benar.


1. Rutin berolahraga
Agar ginjal dapat selalu bekerja dengan baik maka sebaiknya anda rutin berolahraga ringan ataupun sedang. Tubuh akan dilatih untuk megneluarkan sisa metabolisme dan melancarkannya.

2. Cukupkan konsumsi air putih
Air putih sebaiknya diminum sekitar 6 –8 gelas perharinya. Tujuannya agar darah tidak mengental sehingga memudahkan bagi ginjal untuk menyaring darah menjadi urin nantinya.

3. Jaga saluran pencernaan
Saluran pencernaan juga mempengaruhi kesehatan ginjal. Penelitian membuktikan bahwa makanan yang kotor dan tidak higienis dapat membuat bakteri lewat di dalam sistem pencenaan dan masuk ke dalam darah. Akibatnya kita mudah terkena infeksi saluran kemih akibat bakteri e.coli

4. Mengurangi antibiotik
Antibiotik sebaiknya diminum hanya apabila kondisi tubuh benar – benar buruk dan tidak bekerja maksimal bila tanpa minum antibiotik. Terlalu banyak antibiotik di dalam tubuh membuat kinerja dari ginjal akan semakin berat.

5. Kurangi rokok
Merokok erat kaitannya dengan kesehatan ginjal Bahan kimia yang masuk melalui paru – paru dapat melewati darah dan berakhir di ginjal. Akibatnyak akan terjadi masalah pada saat menyaringan darah karena banyaknya zat kimia yang berbahaya.

6. Kurangi konsumsi alkohol
Konsumsi alkohol dapat meningkatkan tekanan darah di dalam tubuh. Akibat yang ditimbulkannya yaitu kinerja ginjal menjadi lebih berat dari seharusnya.

Itulah 6 cara merawat kesehatan ginjal, rawatlah ginjal anda karena bila ia sudah menyerah pada tubuh maka resikonya akan ditanggung oleh diri anda. Selamat mencoba