Senin, 22 September 2014

4 Cara Menjaga Kesehatan Telinga Yang Benar

Cara menjaga kesehatan telingaTelinga adalah indera penting bagi manusia untuk mendengarkan segala jenis suara yang bagus dan suara yang buruk. Telingat memberikan peran penting terutama dalam berkomunikasi, bila telinga kita tidak dapat mendengar dengan baik maka bisa dipastikan kita juga tidak akan dapat berbicara dengan baik pula. Sering kali kita mengabaikan menjaga kesehatan telinga kita, nanti ketika terdapat masalah pada telinga baru kita menjadi gelisah. Nah pada kesempatan kali ini akan kami berikan cara menjaga kesehatan telinga yang baik dan benar. Baca Juga Cara Merawat Mata


1. Kurangi kebisingan
Kondisi yang terlalu bising bagi telinga dapat merusak indera pendengaran anda. Orang yang tinggal di sekitar perlintasan kereta api, disekitar banda dengan di sekitar persawahan akan memiliki tingkat kesehatan pendengaran yang berbeda – beda. Semakin sering kita mendengar kebisingan maka saraf penerima getaran suara akan mudah mengalami kerusakan. Carilah lingkungan yang mendukung kesehatan anda.

2. Hindari pemakaian headset
Mendengarkan musik melalui headset memang menyenangkan, namun akan semakin asyik bila suaranya cukup keras. Bunyi yang diterima oleh telinga dalam waktu yang lama, cukup keras dan cukup dekat dapat merusak selapun gendang telinga, tak heran banyak yang mengeluhkan mengalami sakit telinga akibat keseringan menggunakan headset. sebaiknya gunakan headset yang nyaman bagi telinga anda dan jagnan terlalu sering memakainya.

3. Berhati – hati menggunakan pembersih telinga
telinga harus rutin dibersihkkan setidaknya seminggu sekali agar kotoran yang masuk ke dalam telinga dapat keluar. Biasanya kita menggunakan cotton bud untuk mengeluarkan kotoran telinga, beberapa jenis cotton bud telah didesain agar nyaman di pakai. Namun ada cotton bud yang terlampau kecil sehingga menyakitkan bila digunakan. Sebaiknya pembersih telinga tidak digunakan terlalu dalam ke area yang berbahaya di wilayah telinga kita.

4. Rutin mengunjungi dokter
Konsultasikan kepada dokter THT bila anda mengalami masalah telinga ataupun tidak untuk mencegah masalah telinga yang lebih parah. Dengan rutin mengunjungi dokter ahli maka nada akan semakin tahu mengenai apa saja masalah kesehatan telinga kita.

Demikianlah cara menjaga kesehatan telinga. Rawatlah segala macam indera kita sebelum akhirnya rusak karena kelalaian kita sendiri, selamat mencoba