Senin, 01 September 2014

Cara Agar Tidur Dapat Menjadi Nyenyak

Cara agar tidur nyenyak Tidur adalah sebuah nikmat dan karunia yang sangat besar bagi setiap manusia. Kurang tidur dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, demikian halnya masalah tidur yang nyaman dan nyenyak. Banyak orang dewasa yang mengalami susah tidur atau walaupun tidur tetapi perasaan menjadi tidak nyenyak. Nah kali ini kita akan berikan tips bagaimana agar tidur dapat menjadi nyenyak.


1. Rutin berolahrga
Bila anda mengalami tidur kurang nyenyak bisa jadi karena anda kurang berolahrga sehingga tubuh menjadi kurang sehta. Rajinlah melakukan olaraga baik di pagi hari atua di sore hari. Lihatlah orang yang aktif bekerja keras biasanya memiliki tidur yang cukup nyenyak pula.

2. Buat kondisi kamar lebih baik
Kondisi kamar juga mempengaruhi kualitas tidur anda. Bila kamar berantakan suasanya menyeramkan masa bisa jadi tidur anda tidak akan nyenyak. Cobalah untuk merapikan kamar, atur ulang posisinya, coba pula untuk mencuci speri dan menjemur kasur anda agar menjadi lebih empuk.

3. Matikan lampu tidur
Tidur di waktu lampu mati dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak dibandingkan dengan tidur di waktu lampu menyala. Selain itu dari beberapa hasil penelitian ternyata tidur dengan lampu menyala dapat menimbulkan kanker. jadi cobalah matikan lampu di malam hari dan rasakan bedanya.

4. Kurangi minum yang manis
Minuman manis seperti kopi, teh atau yang lainnya dapat mengganggu tidur anda. Minuman yang manis dapat meningkatkan produksi urin sehingga anda akan terbangun di malam hari. Selain itu kandungan kafein akan memperlambat waktu tidur anda nantinya.

5. Atur jadwal tidur anda
Jadwal tidur sebaiknya harus sama setiap harinya agar anda terbiasa dengan waktu tidur. Bila anda terbiasa tidur jam 10 malam maka sebaiknya rutin dilakukan setiap hari agar tubuh dapat beradaptasi.

6. Selesaikan atau tinggalkan tugas anda
Tugas kantor atau tugas sekolah yang dikerjakan hingga larut malam dapat menyebabkan tidur menjadi kurang nyenyak. Oleh karena itu sebisa mungkin tugas anda telah selesai sebelum waktu tidur tiba. Atau anda juga dapat meninggalkannya saja dan baru dikerjakan esok hari demi mendapatkan tidur yang berkualitas.

Itulah 6 cara agar tidur dapat menjadi lebih nyenyak. Selamat mencoba semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Kurang Tidur Menyebabkan Kurang Darah