Senin, 30 Juni 2014

6 Cara Mengobati Batu Ginjal Tanpa Operasi

Cara mengobati batu ginjal – Batu ginjal perupakan penyakit yang terjadi pada sistem pengeluaran kita. Batu ginjal disebabkan karena pada bagian ginjal terdapat batuan akibat pengendapaan sisa metaabolisme. Semakin besar batu ginjal maka semakin parah efek yang ditimbulkannya.
Beberapa gejala dan tanda kita terkena batu ginjal seperti kesulitan buang air kecil, sering tidak tuntas ketika buang air kecil, sering demam dan sering terasa sakit ketika buang air kecil.
Pengobatan yang dilakukan oleh dokter biasanya dilakukan bedah dan operasi untuk mengangkat batu ginjal tersebut. Namun pnanganan batu ginjal yang terlambat dapat menyebabkan gagal ginjal.
Pengobatan batu ginjal sebenarnya dapat dilakukan secara alami selama batu ginjalnya belum terlalu besar dan tidak menutupi saluran utama ginjal kita. Nah pada kesempatan kali ini kita akan berikan bagaimana cara mengobati batu ginjal secara alami tanpa operasi.

Cara mengobati batu ginjal tanpa operasi.

1. Sering mengonsumsi air putih
Air putih berperan dalam melarutkan sisa zat di dalam tubuh anda.Mengonsumssi air putih secara rutin pagi , sore, dan malam dengan jumlah hingga 2 liter perhari dapat membantu dalam menghancurkan batu ginjal anda.

2. Menghindari makanan pemicunya
Beberapa makanan yang dapat memicu banyaknya zat purin yang menjadi penyebab batu ginjal dapat diatasi dengan cara mengurangi zat makanan tersebut. Makanan yang dimaksud seperti daging, jeroan, dan sebagainya. Silahkan baca artikel sebelumnya mengenai 7 cara mengobati asam urat secara alami.

3. Banyak berolahraga
Olahraga yang rutin dapat mebantu melancarkan proses metabolisme tubuh, Selain itu olahraga juga dapat membantu mengecilkan batu ginjal anda dan memperlancar proses pengeluaran di batu ginjal.

4. Mengonsumsi minyak zaitun dan jus lemon
Ramuan ini ternyata digunakan di seluruh dunia untuk membantu mengurangi rasa sakit akibat batu ginjal. Cobalah anda mencampurkan kedua bahan tersebut lalu minum secara rutin.

5. Banyak makan semangka
Kandungan yang dimiliki oleh semangka cukup baik untuk menjaga kesehatan ginjal anda, termasuk di dalamnya adalah mengecilkan batu ginjal.

6. Menghindari makanan cepat saji
Makanan cepat saji biasanya mengandung pengawet yang kurang baik untuk ginjal anda. Selain itu minuman yang berkafein seperti alkohol, soda, kafein juga dapat memperburuk kondisi ginjal kita.

Itulah cara mengobati baatu ginjal dengan cara alami dan mudah. Semoga artikel ini bermanfaat dalam membantu mengobati batu ginjal kita.